Langsung ke konten utama

Derita dan Berita Akbar

Berita tentang derita bocah bernama Akbar dan keluarganya sontak menjadi perhatian harian Rakyat Sulbar. Koran Politik ini tampak mengencangkan arus isu dari sisi kelam kehidupan sebuah keluarga di Majene.

Penulis lalu teringat pada perdebatan atas konstruksi media terhadap sebuah isu sensitif human interest. Adalah seorang Saiful Totona dalam buku "Miskin itu Menjual; Representasi Kemiskinan sebagai Komodifikasi Tontonan (2010)" merupakan satu di antara kritikus yang menyorot cara kerja media dalam menangkap setiap momentum kenestapaan. Sebab rupanya, media kerap dituduh gandrung menyeret ihwal biasa menjadi luar biasa.

Pun dengan kemiskinan, kerap dinobatkan sepihak bahwa media membenamkan potret kemiskinan di benak publik dengan sedemikian canggihnya. Sementara di saat yang sama, kemiskinan itu sendiri dicipta sebagai modal kapital untuk menciptakan pasar baru dari segmentasi publik yang saling bertemu pada muara empati yang sama. Jadilah kemiskinan itu ditampakkan dalam wujud yang semiris mungkin. Adapun soal celah menepisnya, itu lain ceritanya.

Begitulah saat potret derita dihamparkan dalam narasi berita. Tapi ini soal wacana yang mencoba menjernihkan corak pandang kita terhadap dimensi kemiskinan yang hingga kini belum tertangani dengan baik.

Tak cukup jika hanya menggunakan alat bedah dengan kaidah jurnalistik konvensional. Sebab untuk konteks derita Akbar, empati itu mestilah didesakkan hingga tak ada jeda untuk berkata nanti alias menunda.

Di sini, bukan tempatnya untuk mendebat soal narasi yang dibuat semelarat mungkin. Tapi ini soal kemanusiaan yang tak etis jika masih saja terus diperdebatkan sebatas konstruksi media. Sementara wajah kemiskinan Akbar dan keluarganya begitu terbuka lebar untuk menjadi perhatian bersama.

Derita yang terkuak dalam berita itu mestilah memicu adrenalin kepedulian untuk memboyong kepiluan itu sebagai bagian dari tanggung jawab bersama. Tak cukup jika hanya menyahutinya dalam tindakan yang serba tiba-tiba dan apa adanya.

Karenanya, Rumah tangga Suni mesti disorot lebih tajam lagi sebagai aib bersama. Bahwa kita malu menyandang Provinsi Sulbar yang maju dan malaqbi. Sementara ada sejumlah rumah tangga yang hari ini luput dari ingatan para elit.

Beberapa tahun sebelumnya, kita mengenang Kambacong (Polman), Sinar (Polman) dan penderita Hydrosephalus Sepnimar (Kalumpang). Ketiganya tak hanya berjuang melawan sakit. Tapi lebih dari itu, mereka juga berjibaku menghadang kemiskinan yang begitu akrab dalam kehidupan mereka.

Lalu hari ini, kita kembali dipertemukan dengan Suni, Akbar dan Kakaknya. Juga dengan penampakan yang sama; kemiskinan. Adakah ini bakal disebut sebatas cerita minus fakta? Ataukah masih harus menanti gumpalan kenestapaan lainnya?

Kini waktunya belajar pada seekor merpati yang terbang di atas kobaran api Namrudz saat merencanakan pembakaran terhadap Nabi Ibrahim AS. Merpati itu terbang bersama buliran air. Ia sesungguhnya percaya bahwa tetesan air yang dibawanya itu takkan mampu memadamkan kobaran api.

Tapi dalam segenap upayanya, merpati itu hendak menjejakkan catatan hidupnya agar disertakan sebagai kelompok penolong Ibrahim AS kelak di sisi Tuhan. Adakah di antara kita yang sedang terbang bak merpati itu? Lalu meneteskan setitik kebahagiaan bagi kehidupan Akbar dan keluarganya?

(Telah Diterbitkan di Harian Rakyat Sulbar)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Al-Faqir Sebagai Identitas Diri

Dalam buku Pesantren Studies 2b (2012), Ahmad Baso mengulas seputar kebiasaan orang-orang pesantren menandai diri sebagai al-Faqir. Jika dalam pemaknaan sederhana, jelas akan menyibak kesimpulan patah. Sebab bakal diseret pada asumsi serba kere, terbatas dan tak berdaya saing.  "Ini adalah kebiasaan kalangan pesantren untuk menunjukkan identitas dirinya yang bersikap tawadhu atau merendahkan hati di depan khalayaknya. Bukan merendahkan diri mereka sendiri," demikian ulasan Ahmad Baso.  Padahal, lanjutnya, ini semata-mata untuk tetap menjaga dan merawat bangunan kesucian batin yang terus diasah agar tak lepas kendali, masuk dalam sengkarut kesombongan, riya dan sum'ah. Perilaku ini disebut dengan Iltimasul Ma'dzirah . Yakni, sikap mengedepankan kerendahan hati, lebih menampilkan sisi kekurangan dan kelemahan sebagai bagian dari sikap menjaga gerak-gerak batin.  Ini bukan tanpa landasan, tanpa makna. Sebab Nabi saw-pun mengajarkan satu doa agar tetap dijadi

Nasehat Politik Fathimah Binti Muhammad SAW

Sayup-sayup terdengar rintihan tangisan di malam hari dari balik hijab. Kedua Cucu panutan agung sepanjang zaman Rasulullah SAW, yaitu Hasan dan Husain, sontak terbangun menelusuri dari mana muara rintihan yang makin lama makin terisak-isak. Tak disangka, ibu dari kedua putera kecil itulah yang ternyata sedang menengadahkan kedua tangannya, seraya bersenandung doa, menyebut satu persatu nama kaum muslimin, mengurai setiap rintihan hidup umat Islam kala itu. Dialah Fathimah binti Muhammad SAW, Sang puteri yang digelari Sayyidati Nisa al Alamin , penghulu kaum perempuan semesta alam. Hasan dan Husain kemudian menanti Ibunya hingga menyelesaikan shalatnya. Kedua anak tersebut bertanya pada Ibunya tentang alasan mengapa dalam setiap doanya selalu saja terbentang deretan nama orang-orang di sekelilingnya, namun jarang mendoakan dirinya. Dengan lugas, Fathimah menjawab: “Yaa Bunayya, al-Jar Qabla al-Dar” (Wahai anakku, Dahulukan tetangga sebelum diri sendiri). Pernyataan singkat di atas kem

Dialog dan Makna Perjumpaan 

Seorang filsuf Jerman, kelahiran Austria terkenal dengan filsafat dialognya. Dialah pria yang bernama Martin Buber. Ia lahir di Wina, dari sebuah keluarga Yahudi yang taat, namun berpisah dari tradisi Yahudi untuk mempelajari filsafat secara sekuler. Selain sebagai seorang filsuf, Buber juga dikenal sebagai teolog dan politikus. Ia memiliki darah Yahudi dan amat dipengaruhi oleh tradisi agama Yahudi di dalam pemikirannya. Dari pergulatan pemikirannya itu, ia membangunkan kesadaran manusia terhadap perilaku sehari-hari. Khususnya tentang tema dari makna perjumpaan sesungguhnya.  Pertanyaan paling menukik dari konsep Martin Buber adalah: Bagaimana mengetahui bahwa komunikasi kita benar-benar telah berhasil mengikat hubungan sesama manusia? Apakah dimensi komunikasi kita telah meletakkan perubahan sikap setelahnya, atau tidak sama sekali?  Dalam argumentasi yang terbalik, sejauh ini, betapa banyak kanal komunikasi yang dirancang bangun oleh manusia, namun tersungkur dalam pui